Jumat, 07 Oktober 2011

MikroKontroller Duemilanove

Mikrokontroller diambil dari bahasa Mikro yang berarti kecil. sedangkan Kontroller berarti pengendalian dan atau bentuk dari pengaturan pengendalian.
Mikrokontroller dapat di definisikan yang berarti memperkecil atau penyederhanaan bentuk dari pengendalian komponen-komponen yang di jadikan rangkain.
Mikrokontroller dapat di lihat dalam bentuk IC ( Integrated Circuit ) yang memiliki kepadatan sangat tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk pengendalian telah di kemas dalam satu bentuk kepingan. Yang terdiri dari :

1. CPU ( Central Processing Unit )
2. RAM ( Random Access Memory )
3. EEPROM / EPROM / PROM / ROM
4. I/O Serial Parallel
5. Timer
6. Interupt Controller

Dengan kata lain Mikrokontroller adalah suatu bentuk Chip yang mengurangi jumlah komponen dan desain bentuk nya sendiri.
Salah satu bentuk Mikrokontroller adalah Arduino Duemilanove.

Arduino Duemilanove adalah salah satu Mikrokontroller yang single board atau hanya menggunakan satu buah papan rangkain saja. Yang bersifat open source, dimana pemrogramannya menggunakan bahasa pemrograman JAVA yang di adopsi dari bahasa C dan bahasa C+ yang relatif lebih mudah. Sedangkan Hardware nya memiliki Prosesor Atmel AVR yaitu ATmega 168 datasheet dan ATmega 328 data sheet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar